3 Tempat Wisata di Banyuwangi ini Menarik dan Wajib diKunjungi

Pergi ke Banyuwangi Wajib mengunjungi 3 Tempat Wisata ini

Banyuwangi, merupakan salah satu kecamatan yang letaknya berada di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Jawa Timur paling ujung. Dikarenakan Banyuwangi ini terletak di ujung Jawa Timur dan dekat dengan Pulau Bali, oleh karena itu sebagian budaya di Banyuwangi juga merupakan perpaduan dengan kebudayaan Bali.

Meskipun tidak seluas kota-kota lainnya, namun Banyuwangi ini memiliki banyak sekali tempat wisatanya. Berbagai jenis wisata bisa Anda temukan disana mulai dari wisata alam, wisata yang menantang, dan wisata bersejarah. Tempat-tempat ini akan sayang sekali jika Anda lewatkan. Berikut ini adalah 3 tempat wisata di Banyuwangi yang sangat menarik dan wajib untuk Anda kunjungi.

tempat wisata di banyuwangi

  1. Kawah Ijen
    Salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Banyuwangi adalah Kawah Ijen. Tempat ini berlokasi di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Di Kawah Ijen, biasanya para wisatawan akan tertarik dengan Blue Fire atau semburan api biru. Blue Fire ini terletak kurang lebih 2.433 meter dari permukaan laut. Oleh karena itu, para wisatawan harus mendaki terlebih dahulu untuk dapat melihat Blue Fire secara langsung.

    Namun sayangnya, Blue Fire tidak bisa dilihat setiap waktu karena munculnya hanya pada jam-jam tertentu sekitar mulai pukul 2 hingga 3 pagi. Meskipun begitu, para wisatawan tetap dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang tidak kalah indah dengan Blue Fire. Selain pemandangan alam, para wisatawan juga dapat melihat para penambang yang sedang bekerja mengumpulkan belerang di Kawah Ijen. Tempat wisata ini sangat indah dan rasanya akan sangat kurang jika tidak mengabadikannya dengan berfoto.

  2. Bangsring Underwater
    Bagi Anda yang menyukai kegiatan selam, Bangsring Underwater adalah pilihan yang sangat tepat. Hal ini dikarenakan Bangsring Underwater adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang menjadi spot snorkeling paling terkenal. Keindahan bawah laut Bangsring ini memang tidak perlu diragukan lagi.

    Para wisatawan akan dapat melihat keindahan terumbu karang tanpa harus menyelam terlalu dalam. Hanya dengan kedalaman 3 hingga 5 meter saja pemandangan tersebut dapat terlihat sangat mempesona. Bangsring Underwater pernah mendapatkan penghargaan Kalpataru dari pemerintahan karena nelayan setempat telah berhasil merawat wisata ini dengan sangat baik.

  3. Desa Wisata Osing Kemiren
    Jika Anda penasaran dengan kebudayaan asli Banyuwangi, Anda perlu mengunjungi Desa Wisata Osing Kemiren. Disana Anda dapat mengenal lebih dalam mengenai kebudayaan dan tradisi yang ada di Banyuwangi. Masyarakat desa ini selalu menjaga keaslian budaya mereka yang diturunkan oleh para luhur, tepatnya pada zaman Kerajaan Majapahit. Arti kata “Kemiren” ini memiliki arti pohon kemiri dan duren. Hal ini dikarenakan awalnya desa ini hanyalah sebuah hutan lebat yang dipenuhi dengan kedua pohon tersebut.

    Di Desa Wisata Osing Kemiren, para wisatawan dapat menikmati berbagai pertunjukan menarik yang diadakan di rumah kuno suku Osing. Adapun pertunjukan yang disuguhkan kepada para wisatawan adalah seperti Angklung Pagalak, Tari Gandrung, Barong Kemiren, dan Othek. Tidak hanya itu saja, disana juga terdapat banyak sekali kuliner khas Banyuwangi yang bisa Anda coba.

Itulah beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang sangat menarik dan wajib untuk dikunjungi. Destinasi-destinasi yang ada di Banyuwangi tentunya tidak kalah dengan tempat wisata di Medan.

Baca Juga »  Tempat Bersejarah di Thailand ini Jangan Terlewatkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *