Siap-siap Goyang Mulut Dengan 5 Makanan Khas Bali Ini

Makanan Khas Bali ini Wajib dicoba

Tempat wisata di Bali memang sudah tersohor hingga mancanegara. Rupanya bukan hanya tempat wisatanya saja, melainkan juga budaya hingga makanan khas. Makanan khas Bali memang sangat sayang dilewatkan kalau kamu sedang berkunjung ke Bali. Nah, apa saja makanan khas dari Bali yang siap menggoyang lidah, berikut ulasannya.

1. Sate lilit

Sekilas memang sate lilit nampak seperti sate biasanya. Tapi kalau diperhatikan lagi, sate lilit bukan berupa daging yang dipotong-potong kemudian ditusuk, melainkan gumpalan adonan daging yang ditusuk pada sebatang kayu. Kalau soal rasa, tak perlu diragukan lagi, pastinya tidak kalah lezat dengan sate yang bisa kalian santap.

Sate lilit sendiri adalah makanan dengan bahan dasar daging yang dihaluskan bersama bumbu khas Bali kemudian dibentuk pada sebuah batang kayu atau serai dengan cara dikepal. Baru kemudian dibakar di atas bara api sehingga menimbulkan aroma wangi dan menggugah selera. Untuk menikmatinya tak perlu tambah bumbu lagi karena rasa rempahnya sudah meresap hingga ke dalam.

2. Ayam betutu

Makanan Khas Bali, Ayam Betutu

Masakan yang satu ini wajib disajikan saat upacara keagamaan. Betutu merupakan lauk yang biasanya berupa ayam atau bebek utuh dengan isian bumbu rempah kemudian dipanggang dalam api sekam. Makanan yang satu ini memang sangat tersohor di Bali. Rasanya gurih dengan sedikit pedas, pas untuk kamu yang suka makanan pedas.

3. Garang Asem

Walaupun makanan tradisional Jawa Tengah, tetapi cukup populer di Bali. Sama seperti ayam betutu, garam asem menjadi makanan khas Bali dengan bahan dasar ayam. Namun ayam yang dimasuk dibungkus terlebih dahulu dengan daun pisang lengkap bersamaan dengan tomat hijau, cabai rawit serta belimbing wuluh. Baru kemudian ayam dimasak dengan kuah santan.

Baca Juga »  Oleh Oleh Khas Jogja Tempo Doloe

Dulunya ayam yang digunakan adalah ayam jago atau orang Bali menyebutnya ayam cundang. Namun dibutuhkan waktu lama untuk memasak hingga lunak. Sekarang semua jenis ayam bisa digunakan.

4. Sambal Matah 

Konon katanya sekali nyoba sambal matah pasti langsung ketagihan. Sama seperti namanya, sambal ini terbuat dari bahan segar tanpa proses memasak alias mentah. Bahan dasarnya sendiri adalah cabai rawit, bawang merah, terasi bakar, serai, perasan air jeruk nipis dan minyak kelapa. Cara pengolahannya tidak dihaluskan, melainkan diiris tipis – tipis dan dicampur dengan diremas-remas.

Menikmati sambal matah paling nikmat bareng ikan segar. Apalagi ditambah dengan nasi hangat dan plecing kangkung, pasti sangat menggugah selera.

5. Nasi Tepeng 

Makanan yang satu ini merupakan nasi dengan campuran rempah-rempah yang lengkap. Untuk rasanya cukup pedas. Biasanya disajikan dengan sayur-sayuran, seperti kacang panjang, kacang merah, terong, nangka muda, kelapa parut dan daun kelor. Dari penampakannya mirip dengan nasi urap karena penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk mangkok. Makanan khas Bali ini adalah menu wajib kamu untuk sarapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *