6 Oleh Oleh Khas Semarang pas untuk Dompet

Oleh Oleh Khas Semarang yang Pas di Dompet 

RencanaTravel.com – Semarang merupakan kota dengan sejuta makanan khas dan souvenir ala jawanya selain tempat wisata di Bandung, siapapun yang masuk ke Semarang akan menguras dompetnya untuk memborong oleh-oleh dari bawah hingga atas. Harga makanan dan pakaian di Semarang terbilang lebih terjangkau karena banyak saingan yang betah menanamkan usahanya di sana.

Makanan Khas Semarang

Nah, apa saja ya oleh oleh khas Semarang yang bisa diborong?

  1. Tahu Bakso

Tahu bakso terbuat dari tahu kulit yang di dalamnya berisi adonan bakso kendati tidak bulat bentuknya. Adonan bakso ini dimasukkan ke dalam tahu dan digoreng. Untuk menikmati tahu bakso, kamu bisa memakannya dengan cara dicocolkan sambel mentah atau cabai. Harga per biji tahu bakso asli ini sekitar Rp. 2 ribu.

  1. Lumpia 

Lumpia Semarang ada 2 jenis yaitu basah dan kering, lumpia basah ini berisi cacahan rebung dan sayuran lainnya kemudian digulung dengan kulit lumpia dan disajikan dengan saus asam manis. Sedangkan lumpia kering tinggal digoreng saja lumpia basah tadi. 1 buah lumpia basah ini berharga Rp. 10 ribuan tetapi ukurannya bikin mengenyangkan lho ya!

Ada juga lumpia isi sayur yang dijual cukup murah Rp. 2.000 per buah dengan ukuran lebih kecil.

  1. Batik Semarang

Batik  Semarang yang terkenal adalah batik wewe gombel yang namanya diambil dari makhluk halus. Tetapi, motif wewe gombel ini tidak seseram dengan namanya. Karena motifnya yang khas maka tidak ada daerah lain yang bisa meniru dan semua akan langsung mencap bahwa batik ini milik Semarang.

  1. Roti Ganjel Rel

Dahulunya bernama roti gambang namun karena bentuknya mirip dengan alas rel kereta api maka namanya menjadi kue ganjel rel. Kue ini memang sedikit keras tetapi mengenyangkan lho!

Baca Juga »  3 Tempat Wisata di Banyuwangi ini Menarik dan Wajib diKunjungi

Di waktu ramadhan dan perayaan dugderan roti ini akan banyak ditemui tetapi saat hari biasa akan sulit karena jarang yang menjual.

  1. Wingko Babat

Wingko mulanya berasal dari lamongan, kecamatan babat tetapi terkenal di Semarang dan digemari oleh semua penduduk sana. Wingko ini dibungkus satu per satu dengan rasa yang telah berkembang banyak seperti coklat, keju, strawberry, atau original. Jangan lupa membeli wingko babat cap kereta api yang nikmat.

  1. Mochi Warna

Mendengar namanya saja akan terbayang bentuknya kecil lucu dan berwarna bukan, yah memang benar kue mochi ini terbuat dari tepung beras yang dibalut dengan tepung manis. Rasa oleh oleh khas Semarang ini manis dan gurih di bagian dalamnya ada wijen dan awet selama 1 minggu. Mochi yang asli akan berasa empuk dan tidak alot saat digigit.

Jangan lupa kamu mampir ke lawang sewu ya untuk uji nyali apakah kamu lolos atau tidak dalam memasuki gedung horor peninggalan belanda ini sambil memborong oleh oleh khas Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *