Oleh Oleh Khas Jogja Tempo Doloe

Rekomendasi Oleh Oleh Khas Jogja yang Murah serta Enak!

RencanaTravel.com – Jogja merupakan kota budaya dan pendidikan yang selalu ngangenin di hati para pengunjungnya. Berbagai oleh oleh khas Jogja tempo doloe yang bisa kamu dapatkan dengan harga murah, enak dan rasanya istimewa! Eits, Cuma di Jogja saja lho kamu bisa menemukan oleh-oleh tempo dulu yang saat ini masih dibuat.

Bakpia Khas Jogja

Apa saja ya oleh oleh khas Jogja tempo dulu itu?

  1. Peyek Tumpuk

Khas Jogja yakni peyek tumpuk, belum ada lho daerah lain yang bisa membuat peyek tumpuk renyah ini. Bawalah peyek ini ke tempat wisata di Bandung Biasanya peyek bentuknya pipih dan lebar dengan isian irisan kacang, teri, atau udang rebon tetapi peyek tumpuk ini berisi kacang tanah utuh dan tidak remuk lho!

  1. Keripik Welut

Welut atau belut adalah hewan melata yang hidup di lumpur atau sawah. Welut ini seringkali diburu untuk dijadikan oleh-oleh Jogja, cara buatnya simpel sekali. Kamu ambil belut dan belah tubuhnya untuk dikeluarkan tulang kemudian rendam dengan air rempah. Setelah itu, taburi dengan tepung dan goreng hingga garing.

  1. Walang Goreng

Walang goreng adalah makanan dari hewan belalang yang digoreng dan rasanya enak loh ya mirip dengan udang yang digoreng. Makanan ini halal dan saat ini menjadi menu ekstrem untuk pelancong dari mancanegara. Harga bungkus kecilnya  Rp. 6 ribuan – Rp. 10 ribuan. Untuk walang goreng cap Pak Gareng harganya sedikit mahal karena rasanya renyah dan gurih lain daripada lainnya.

  1. Jadah Tempe

Jadah tempe merupakan oleh oleh khas Jogja yang disukai oleh Raja Jogja ke-9 kala itu, beliau mencicipi olahan ketan dan tahu tempe bacem yang disajikan dengan satu piring. Jadah tempe ini ada di jalan kaliurang dengan penjual legendaris bernama Mbok Carik. Harga per porsinya masih murah sekali Rp. 10 ribu – Rp. 20 ribu.

Baca Juga »  Tempat Wisata Di Jawa Barat Paling Populer Tahun 2020

Buat kamu yang mencicipi jadah tempe pastikan memborong semua untuk keluarga di rumah ya!

  1. Tiwul 

Tiwul terbuat dari tepung ketela pohon yang ditumbuk dan dikukus sehingga berbentuk padat dan rasanya lebih lembut. Tiwul ini sangat cocok disajikan dengan parutan kelapa muda di atasnya dan cocok sekali dengan sandingan sayur lombok ijo. Orang Jogja akan sangat menyukai makanan legendaris ini karena termasuk makanan kesukaan raja Jogja terdahulu.

  1. Bakpia 

Menu sehat yang terbuat dari tepung dan diisi dengan kumbu kacang hijau dahulunya bernama bakpia pathuk. Tetapi, saat ini ada inovasi baru bakpia isian banyak rasa seperti cokelat, keju, atau kacang ijo. Dalam satu wadah terdapat banyak isian rasa dan harganya cukup terjangkau. Buat kamu yang menyukai bakpia sebaiknya segera dimakan sebelum 3 hari ya.

Gimana, penasaran bukan dengan oleh oleh khas Jogja tempo dulu yang ngangenin? Segera borong yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *