Tempat Wisata di Semarang yang Menarik dan Wajib

Tempat Wisata di Semarang yang Menarik untuk Dikunjungi

Berlibur diperlukan guna mengatasi kejenuhan dan kebosanan dari kegiatan rutin harian. Apalagi akhir-akhir ini pemerintah menyediakan anggaran hingga 5 miliar Rupiah untuk memberikan diskon tiket pesawat terbang, suatu kesempatan yang tak boleh dilewatkan begitu saja. RencanaTravel.com menginfokan bahwa terdapat banyak tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satu tempat wisata terpopuler di Indonesia ada di Semarang. Jenis wisatanya juga lengkap dan beragam di kota multi etnis tersebut. Berikut ini adalah destinasi tempat wisata di Semarang yang menarik dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Tempat Wisata di Semarang

Tempat Wisata Rohani di Semarang

Jenis wisata rohani di kota Semarang ini cukup lengkap. Ada candi Gedong Songo, dengan pemandian kolam panasnya. Candi ini merupakan candi agama Hindu. Lalu para penganut Kristiani nasrani ada Gereja Bleduk di kawasan kota lama yang bisa dikunjungi. Bangunan gereja tua ini cukup menarik. Terdapat juga Klenteng Sam Poo Kong, dan  Pagoda Avalokitesvara di Watugong yang membuat suasana serasa berada di Thailand, yang bisa menjadi pilihan alternatif wisata di kota yang multi etnis ini. Meski banyak tempat wisata thailand yang terkenal, yakni seperti beberapa tempat romantis di Bangkok dan  juga tempat wisata di Pattaya serta tempat menarik di Phuket yang sudah populer di kalangan turis dari berbagai belahan dunia. Juga dengan berbagai tempat belanja di Thailand seperti beberapa tempat belanja murah di Bangkok untuk membeli oleh-oleh, namun Semarang tak kalah juga. Pagoda yang menjadi bagian dari Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong tersebut memiliki ketinggian sekitar 45 meter dan juga ada 7 lantai di pagoda tersebut.  Pada tiap tingkatnya, ada patung Dewi Kwan Im dengan posisi menghadap ke empat arah penjuru mata angin.

Baca Juga »  5 Tempat Wisata di Purwakarta yang Harus Anda Kunjungi

Selain itu ada juga Masjid Agung dengan keenam payung elektriknya di bagian serambi yang membuat jadi mirip dengan suasana di Masjid Nabawi  yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terdapat enam buah payung dengan diameter 14 meter yang biasanya akan dikembangkan pada saat penyelenggaraan sholat Idul fitri dan juga pada saat Idul Adha. Ada juga 25 buah pilar yang desainnya mirip dengan Coliseum yang berada di Kota Roma, Italia, Eropa. Jumlah pilar-pilar tersebut adalah representasi dari jumlah nabi dan juga rasul yang wajib diketahui dalam Agama Islam. Lalu pada pintu gerbangnya terdapat tulisan Sucining Guno Gapuraning Gusti dalam huruf Arab Melayu serta juga ada tulisan dua kalimat syahadat. Juga ada Menara Asmaul Husna dengan tinggi 99 meter di Masjid Agung Jawa Tengah tersebut.

Para pengunjung yang telah membayar diperbolehkan untuk naik di puncak menara guna menyaksikan pemandangan Kota Semarang serta pemandangan sekitar masjid dari lokasi di ketinggian tersebut.

Wisata Kuliner Semarang

Tak kalah dengan Bogor, Semarang juga merupakan gudangnya kuliner lezat yang menggoda untuk dicicipi. Ada Bandeng presto nya yang sudah sangat terkenal, bersama dengan lumpia Semarang gang Lombok yang juga sudah eksis sejak bertahun lamanya, juga Soto Bangkong yang lezat yang sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke kota Semarang. Lalu ada juga warung mangut Hj Nasimah yang mirip dengan masakan mangut lele terkenal di kota Jogja. Menu mangutnya cukup lengkap ada mangut welut, mangut kepala ikan manyung, mangut ikan pari yang legit dan enak gurih bikin ketagihan. Lalu ada juga nasi goreng babat Pak Taman, ada juga Tahu Gimbal Pak Eddy, Lekker Paimo, es puter Cong Lik, gulai kambing Bustaman, ayam goreng Pakne Heksa, dan bakmi jawa Pak Ateng, sajian kuliner khas di jawa tengah dan Jogja ini selalu bikin ketagihan, hidangan mienya berbeda dengan mie ala Chinese food, ada pilihan menu mie goreng dan mie rebus yang disebut sebagai mie godog, dan istimewanya adalah dengan menggunakan ayam kampung suwir, lalu ada babat gongso Pak Karmin, Soto Kudus mbak Lien, warung prasmanan Mak Tompo, mie Kota Kembang, asem-asem Koh Liem yang sudah buka sejak jam 7 pagi, kemudian ada mie kopyok Pak Dhuwur, bubur Pecel mbok Nah yang unik, sate sapi Pak Kempleng, nasi ayam bu Nyoto, angkringan Bledhuk, Lontong Opor Mbak Tum, Nasi Koyor, ada juga nasi Gandul Pak Memet yang selalu ramai antriannya, dan lain sebagainya.

Baca Juga »  Tempat Wisata di Balige yang Seru dan Kuliner

Di Semarang ini ada juga Toko Oen yang awalnya didirikan di Yogyakarta di tahun 1910 dan lalu berkembang di Semarang sejak tahun 1935 dan masih eksis hingga sekarang dengan menu andalannya berupa bistik lidah sapi yang sangat nikmat, juga aneka ice cream dan aneka nasi gorengnya, menunya sudah bertahan selama bertahun-tahun. Wisatawan juga bisa bersantap di ketinggian di Kampoeng Menara Resto sambil menikmati pemandangan, mencicipi ayam goreng pyur, ayam kosek, bakso hingga empek-empek khas Palembang juga ada.

Wisata Budaya dan Pendidikan di Semarang

Kemudian untuk wisata budaya dan pendidikan ada banyak museum di Semarang yang bisa dikunjungi. Tempat wisata di Semarang memang cukup lengkap. Seperti museum Ranggawarsita dengan koleksi benda kunonya, juga museum Rekor Dunia Indonesia yang unik dan menginspirasi, lalu ada Old City 3D Trick Art Museum dengan koleksi benda 3 dimensinya yang unik dan menarik, juga museum jamu. Ada juga museum Kereta Api Ambarawa, beserta dengan Benteng Pendem Ambarawa yang legendaris, lalu juga banyak gedung tua bekas peninggalan penjajah Belanda di Semarang yang bisa dikunjungi, yakni seperti Lawang Sewu yang misterius dengan banyak sekali pintu pada gedung tua yang masih megah berdiri itu, membuat penasaran banyak wisatawan dalam negeri maupun manca negara yang mengunjungi tempat yang cocok juga dijadikan sebagai latar foto pre wedding. Tak kalah menariknya ada, juga kawasan kota lama Semarang dan lain sebagainya.

Taman Cantik di Semarang

Jika kota Bogor memiliki taman bunga Nusantara Bogor maka Semarang juga memiliki banyak destinasi wisata taman, yakni ada Taman Kasmaran, yang menyajikan pemandangan kampung Pelangi, yang berwarna warni, lalu ada Taman Wilis yang menyajikan pemandangan kota Semarang, yang akan semakin syahdu dan indah pada saat malam hari tiba, kita kelap kelip lampu sudah dinyalakan. Lalu taman Srigunting dan Taman Djamoe Indonesia, Taman Diponegoro, Setiya Aji Farm Flower dengan hamparan bunga krisannya. Ada juga Taman Citra Satwa yang patung-patung satwanya bisa menyala di malam hari. Kemudian ada juga Puri Maerokoco yang merupakan taman mininya Jawa Tengah, dan lain sebagainya.

Baca Juga »  Pulau Kanawa Surga Tersembunyi di Daratan Flores

Wisata Alam Semarang

Ada pantai Marina yang bisa dikunjungi bagi para wisatawan penggemar pantai, juga pantai Tirang dengan pemandangan sunset dan sunrise nya yang menawan, wisatwan juga bisa memancing kerapi dan kakap putih di pantai yang cukup tenang ini. Ada juga pantai Maron dengan hutan bakaunya. Juga ada rawa pening yang menyejukkan. Ada curug Lawe dan curug Bewono, dan lain sebagainya. Curug adalah air terjun. Ada juga Hutan Pinus Pekayon dan lereng Gunung Kelir yang instagramable dan lain sebagainya.

Tempat wisata di Semarang tersebut sangat sayang jika belum pernah dikunjungi, bersama dengan beberapa tempat menarik lainnya di berbagai pelosok Indonesia. Mumpung ada tiket pesawat diskon, manfaatkan momen tersebut baik-baik. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *