10 Tempat Wisata di Medan yang Populer

10 Tempat Wisata di Medan yang Populer, Uniknya, Nomor 3 Merupakan yang Pertama di Asia Tenggara

Sederet tempat wisata di Medan menawarkan keunikan yang jarang ditemui di tempat lain. Kota multi etnis ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Pulau Sumatera. Di mana saja tempat wisata yang mencuri perhatian para wisatawan di Medan?

Kota Medan London Sumaterasource: tripadvisor.com

  1. Istana Maimun

Liburan ke Medan merupakan alternatif terbaik bila Anda memiliki dana terbatas untuk mengunjungi tempat wisata di Singapore. Selain lebih dekat dari Jakarta, liburan ke Medan juga murah dari segi biaya dan tak kalah menarik dari tempat wisata di luar negeri. Salah satu destinasi wisata di Medan yang wajib disambangi adalah Istana Maimun.

Istana Maimun dijuluki sebagai salah satu bangunan istana terindah di Indonesia. Hal ini berkat arsitekturnya yang unik merupakan kombinasi dari gaya arsitektur Italia, Spanyol, India, Islam dan Melayu. Gaya arsitektur Melayu diwakili oleh penggunaan warna kuning yang tampak mendominasi bangunan ini layaknya beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur.

Nuansa Islami semakin kental tampak dari atap berbentuk melengkung seperti perahu terbalik yang menyerupai bangunan khas Timur Tengah. Kondisi bangunan yang memiliki 30 ruangan ini masih terjaga dengan baik, demikian pula koleksi benda bersejarah di dalamnya. Anda bisa menyaksikan koleksi benda bersejarah seperti Meriam Puntung yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mambang Khayali dari Kerajaan Deli Tua.

  1. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion merupakan bangunan museum yang awalnya dimiliki oleh saudagar Tionghoa bernama Tjong A Fie. Rumah yang dibangun mulai tahun 1895 ini resmi dijadikan museum pada tahun 2009 dan dikelola oleh keturunan Tjong A Fie. Bangunan museum ini memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi dengan total 35 ruangan. Pembangunan rumah yang konon berdasarkan desain Cheong Fatt Tze Mansion di Penang, Malaysia ini menggabungkan gaya arsitektur art deco, Melayu dan Tiongkok.

  1. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
Baca Juga »  Jungleland Adventure Theme Park Indonesia

Museum satwa pertama di Asia Tenggara, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery menjadi salah satu tempat yang wajib disambangi ketika berlibur ke Medan. Kalau tempat wisata di Banyuwangi seperti Taman Nasional Baluran menawarkan pemandangan aneka satwa yang hidup di habitat aslinya, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery menawarkan koleksi berbagai satwa yang sudah diawetkan. Di museum ini, setidaknya terdapat sekitar 2.000 satwa hasil buruan yang sudah diawetkan. Satwa-satwa ini berasal dari kawasan Asia, Amerika hingga Afrika.

  1. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan memiliki usia yang tak terpaut jauh dari Museum Tjong A Fie Mansion. Bangunan ini terbilang unik karena mengusung desain berbentuk segi delapan dengan arsitektur bergaya India, Spanyol dan Timur Tengah. Pembangunan Masjid Raya Medan selesai pada tahun 1909 dan memakan biaya hingga 1 juta golden di masanya. Dengan biaya pembangunan yang cukup mahal, tak mengherankan bila masjid ini memiliki kemegahan layaknya istana.

  1. Wonders Water World

Tempat wisata di Medan yang cocok untuk liburan bersama keluarga salah satunya adalah Wonders Water World. Bila dibandingkan dengan tempat wisata di Jakarta seperti Dunia Fantasi, tentu Wonders Water World menawarkan sesuatu yang berbeda. Wahana permainan air ini merupakan waterpark terbesar berskala internasional dengan koleksi permainan yang lengkap di Medan.

Anda bisa mencoba berbagai jenis seluncuran air yang sangat diminati oleh wisatawan seperti tunnel twister, pipe line, topsy turvy, super loop hingga bullet bowl. Bagi anak-anak sudah disediakan kolam khusus dengan kedalaman yang dangkal sehingga cukup aman. Selain itu, disediakan pula wahana permainan lainnya seperti seluncuran air mini, air terjun buatan dan ember tumpah.

  1. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Ingin memiliki pengalaman liburan yang menyenangkan di Medan? Datang saja ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang. Di penangkaran ini, terdapat sekitar 2.700 ekor buaya mulai dari yang baru menetas hingga buaya dewasa yang sudah berusia 43 tahun dengan panjang mencapai 5 meter. Jumlah buaya yang ditangkarkan di Penangkaran Buaya Asam Kumbang terbilang cukup banyak bahkan melebihi Penangkaran Buaya Blanakan, tempat wisata di Purwakarta yang hanya memiliki 200 ekor buaya.

Baca Juga »  Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler Indonesia

Tempat wisata penangkaran buaya ini sangat cocok sebagai wisata edukasi bagi para pelajar maupun keluarga. Anda bisa mengajak anak-anak mengenal lebih jauh mengenai kehidupan reptil yang satu ini. Uniknya, Anda juga bisa melemparkan bebek ke dalam kolam buaya dengan membayar Rp. 35.000.

  1. Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera (Lonsum) dibangun pada tahun 1906 oleh perusahaan Inggris Harrisons & Crosfield (H&C). Gedung ini merupakan gedung modern pertama yang menggunakan lift di Medan. Lift tersebut hingga kini masih berfungsi dan banyak dipakai para pengunjung untuk menjangkau semua lantai di gedung 5 lantai ini. karena Gedung London Sumatera saat ini masih dipakai sebagai perkantoran, para pencinta sejarah biasanya disarankan untuk mengunjungi gedung di akhir pekan.

  1. Kesawan Square

Tak jauh dari Gedung London Sumatera terdapat spot wisata menarik yang banyak dikunjungi wisatawan yakni Kesawan Square. Di tempat ini Anda bukan hanya menemukan sederet bangunan bersejarah, tapi juga beragam café dan restoran dengan konsep yang instagramable. Kesawan Square sangat cocok menjadi tempat nongkrong di akhir pekan atau bersantai setelah menghabiskan waktu berkeliling Kota Medan. Sekilas tempat wisata ini mirip dengan Penang Times Square, tempat wisata di Penang yang menawarkan aneka kuliner sekaligus penginapan.

Tempat ini biasanya ramai pengunjung terutama di malam hari. Tenda-tenda yang menawarkan aneka makanan halal dan nonhalal berjejer di sepanjang Kesawan Square menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang suka wisata kuliner. Untuk membedakan antara tenda kuliner non halal dan halal caranya cukup mudah yakni dengan mengamati warna atributnya. Atribut warna merah untuk makanan non halal dan atribut warna biru untuk makanan halal.

  1. Kuil Shri Mariamman
Baca Juga »  Tempat Wisata Termurah Di Jakarta Paling Populer

Ingin wisata rohani Hindu tak perlu mengunjungi tempat wisata di Bali murah seperti Tanah Lot dan lainnya. Anda bisa wisata rohani di Medan tepatnya di Kuil Shri Mariamman. Kuil yang dibangun di kawasan Kampung Keling ini merupakan kuil Hindu tertua di Kota Medan. Mengingat kuil ini didirikan di komunitas warga keturunan India jangan heran bila desain arsitekturnya menyerupai kuil-kuil Hindu di India.

Kuil Shri Mariamman dibangun pada tahun 1876 dan termasuk salah satu dari tiga Kuil Shri Mariamman yang ada di Asia Tenggara. Anda juga bisa mengunjungi Kuil Shri Mariamman di Malaysia dan Singapura. Umat Hindu biasa menggunakan kuil ini sebagai tempat memuja Dewi Shri Mariamman, Dewa Shri Vinayagar, Dewa Ganesha dan Shri Murugan.

  1. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Medan juga memiliki salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia yakni Air Terjun Dua Warna Sibolangit. Wisata alam ini berlokasi di Kecamatan Sibolangit yang berjarak sekitar 75 km dari pusat Kota Medan. Seperti namanya, Air Terjun Dua Warna Sibolangit memiliki dua warna air terjun yakni biru dan putih keabuan. Di samping warnanya yang berbeda, suhu kedua warna air terjun itu juga berbeda. Air terjun berwarna biru terasa lebih dingin daripada air yang berwarna keabu-abuan. Keunikan inilah yang membuat air terjun ini menjadi tempat wisata di Medan yang wajib Anda sambangi.

Sekian 10 Tempat Wisata di Medan yang bisa menjadi pioritas anda untuk berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *